Tutorial Flashing Xperia L

Selamat siang, apakah anda memiliki smartphonearthphone android Xperia L? Jika iya apakah anda ingin melakukan flash ulang, rooting, memasang trwp ataupun mengganti custom rom. Nah kali ini saya akan membahas semua itu diartikel ini. 

Hasil gambar untuk usb driver xperia l
Xperia L

Tentunya sebelum ke inti pembahasan anda harus paham terlebih dahulu apa itu flash ulang, rooting, memasang trwp ataupun mengganti custom rom itu dan untuk apa sih anda melakukannya? Apakah itu perlu dalam kehidupan anda. Karena saya pernah merasakan menemukan beberapa teman saya ketika ditanya untuk apa anda lakukan ini semua? Dia hanya menjawab biar kayak orang lain aja handphone nya di root, dll ini menurut saya sih kayaknya ikut-ikutan saja.

Bukan sebagai keperluan ataupun lainnya. Karena smartphoneartphone ini kan artinya telepon pintar lalu kenapa pemiliknya tidak untuk bisa menjadi pintar dalam konteks lain. Disinilah kita perlu memahami semua itu. Buat apa anda akan rooting. Jika keperluan anda tinggal lakukan tapi jika tidak dibutuhkan kenapa anda harus melakukannya karena jika untuk orang awam jika mereka hanya ingin mencoba-coba saja bisa saja handphone nya itu bootloop ataupun soft/hardbrike dan nantinya dia sendiri yang pusing ujung-ujungnya harus ke konter handphone memperbaikinya kan itu sangat disayangkan.

Baiklah mari kita mulai dengan cara yang pertama yaitu Flash Ulang.
Kegunaan flash ulang diantaranya jika anda mengalami sebuah masalah dimana terjadinya bootloop ataupun merasakan handphone anda mulai tidak nyaman alias lamban dalam kinerja. Karena ketika flash ulang berarti anda membuat sebuah smartphoneartphone anda menjadi dalam keadaan setelan pabrik kembali ketika awal membeli keadaan fresh kembali.

Apakah ini flash ulang ini perlu. Sebenarnya kembali kemasalah diatas sih jika anda butuhkan ya kenapa tidak mencobanya.
Sebelumnya anda harus mempersiapkan dahulu bahan-bahan keperluannya diantaranya 
1. Firmware Xperia L terbaru anda bisa download disini
2. Tempat flashnya yaitu menggunakan flashtool terbaru anda bisa download disini
3. USB Driver Companion anda bisa download disini
4. Kabel USB anda harus punya atau beli tidak bisa download, hehe

Jika sudah anda pertama instal flashtool di laptop atau pc. Disini saya anggap dahulu tidak ada masalah dalam penginstalan flashtool ya. Kemudian jika sudah terinstal flashtool dalam laptop anda tinggal lanjutkan untuk menginstal driver-driver yang diperlukan diantaranya adalah 
1. Driver flashmode
2. Driver fastboot
3. Driver Xperia L (Biasanya ini diberikan naman julukan si smartphoneartphone itu sendiri)

Hasil gambar untuk usb driver xperia l

Kemudian persiapan untuk smartphone itu sendiri harus diantaranya :
1. Baterai diatas 50% mengurangi terjadinya low battery ketika proses flashing
2. Aktifkan USB Debbuging
3. Backup data-data penting dibagian memori internal (Kontak,File,Chat,Aplikasi)
4. Backup DRM (Jika smartphone anda memiliki fitur Bravia Engine)

Cara instalnya mudah anda tinggal cari folder //Flashtool/driver maka disitu ada sebuah file bernama Flashtool-drivers.exe anda klik dan ikuti saja perintah-perintahnya. Jika sudah anda lanjutkan ke langkah berikutnya.

Ketika sudah menyiapkan firmware yang tadi didownload maka simpan di //.flashtool/firmware. Dan omratnya biasanya adalah .ftf yah teman-teman. Kemudian buka flashtool kemudian anda pilih lambang petir dibagian menubar lalu anda pilih flashmode ya, disitu akan ada list firmware yang anda simpan. Anda tinggal klik saja lalu pilih flash dibagian bawah bagian kanan tanpa harus merubah-rubah setingan defaultnya. 

Hasil gambar untuk usb driver xperia l
Gambar dari androidevice99

Jika sudah jangan dahulu anda untuk menyambungkan smartphone dengan laptop karena mengurangi timbulnya disconnection ketika flash tunggu sampai keluar muncul pop-up perintah segera sambungkan smartphone dengan laptop. Cara masuk kedalam mode flashmode smartphone anda harus dalam keadaan off/mati kemudian tahan volume bawah lalu sambungkan kabel ke smartphone. Biasanya akan disertai nyalanya lampu warna hijau jika smartphone anda memiliki lampu notifikasi.

Lalu secara otomatis pada bagian flashtool akan mulai membaca smartphone anda dan memulai flashing dibawah biasanya ada sebuah bar loadingnya ditandai dengan warna hijau tunggu hingga selesai dengan notif pada log flashtoolnya Instalasi selesai silahkan reboot ulang. Jika seperti itu anda lepaskan kabel usb dengan smartphone kemudian nyalakan ulang. Dan tunggu beberapa menit ketika booting karena ini membuat smartphone menjadi flash kembali agak sedikit lama sih tapi tunggulah semuanya akan aman-aman saja. 

Seperti itulah cara flash ulang smartphone Xperia L. Sangat mudah sebenarnya jika kita mengikuti langkah-langkahnya dengan benar. Kemudian kita akan membahas cara rooting Xperia L.

Terima kasih anda telah membaca artikel Tutorial Flashing Xperia L. Jika anda kurang paham silahkan berkomentar dibawah & Ada baiknya jika artikel ini bermanfaat Share ke saudara atau teman anda.

Related Posts:

0 Response to "Tutorial Flashing Xperia L"

Post a Comment

Jika ada kurang paham atau mau memberikan tambahan ilmu tentang hal serupa segera layangkan pada kolom komentar. Karena ilmu yang kita miliki mesti kita amakan karena itu akan berbuah pahala bagi pengamal dan pemberi ilmunya.

"Barangsiapa yang menunjuki kepada kebaikan maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengerjakannya.” (HR. Muslim no. 1893).

Kode Emoticon :



Your Ads Here 970x90
Di desain dengan sepenuh oleh Marwan Abdul Anwar | Font & Ikon : SSP ▪ Fontawesome