Cara Uninstal Aplikasi Bawaan Tanpa Akses Root

Sebuah aplikasi bawaan pabrik atau biasa dikenal dengan aplikasi default. Aplikasi yang sudah ditanamkan pada rom oleh pembuat smartphone untuk keperluan umum pemilik. Namun terkadang tidak semua orang senang akan kehadiran aplikasi bawaan rom nya kemudian mereka ingin menghapusnya namun dikarenakan aplikasi bawaan tertanam pada system smartphone maka tidak semudah menghapus aplikasi pihak ketiga seperti anda mengunduh apikasi pada playstore ataupun lainnya.

Dan biasanya menghapus aplikasi bawaan yaitu harus dengan akses root, dimana akses root ini adalah akses masuk ke system agar kita bisa menghapus aplikasi bawaan yang ingin kita hapus ibaratnya seperti kita ingin mengambil uang dikamar namun rumahnya dikunci maka kita harus memiliki kuncinya terlebih dahulu agar mudah untuk mengambil uangnya daripada harus menjebol pintu atau jendela rumah.

Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan trik dan tips cara bagaimana menghapus aplikasi bawaan tanpa harus akses root. Bagaimana bisa? Apa bisa? Jawabannya tentu bisa dengan cara dibawah ini.

Link download :
1. ADB Fastboot
2. Driver sesuai type smartphone
3. Kabel USB

Ini caranya :
  1. Sebelumnya anda harus mengaktifan mode debugging yang berada pada opsi pengembang. Caranya bagaimana anda masuk ke pengaturan - ketuk 7x pada bagian versi rom atau build number.
  2. Jika sudah maka akan muncul Opsi Pengembang pada menu Pengaturan
  3. Anda buka kemudian centang bagian USB Debugging
  4. Lalu anda buka program adb fastboot, kemudian ketikan adb devices bertujuan untuk mendeteksi devices anda pada komputer.
  5. Jika sudah maka klik kembali adb shell
  6. Ketikan kembali kode ini pm list packages | grep '<OEM/Carrier/App Name>' bertujuan untuk melihat nama package aplikasi yang terinstal pada smartphone
    *Ada cara alternatif untuk melihat nama package yang lebih simple yaitu anda download aplikasi Package Names Viewer
  7. Jika sudah ketemu nama package aplikasi yang akan dihapus. Anda ketikan kode ini pm uninstall -k --user 0 name of package
  8. Sebagai contoh saja saya akan menghapus aplikasi Youtube maka kodenya akan seperti ini pm uninstall -k --user 0 com.google.youtube
    *Teks yang saya berikan warna berbeda adalah nama package aplikasi yang akan saya hapus yaitu Youtube 
  9. Setelah sudah anda hanya mengetik enter maka akan muncul status Succes, jika nama package aplikasinya benar.
  10. Jika sudah secara otomatis aplikasi yang anda hapus tadi akan hilang di smartphone anda.
Mudah dan sangat simple bukan teman-teman? 
Jika ada masalah pada saat penghapusan maka anda perlu melihat lagi kodenya apa sudah benar atau tidak karena saya sendiri selalu menggunakan cara ini ketika akan menghapus aplikasi bawaan pada semua smartphone. 

Dan perlu diperhatikan juga yaitu anda harus mencari tahu kegunaan aplikasi yang kiranya akan anda harus karena bisa saja aplikasi yang anda hapus itu adalah aplikasi penting pada smartphone anda jadi hati-hati pada saat proses penghapusan.


Terima kasih anda telah membaca artikel Cara Uninstal Aplikasi Bawaan Tanpa Akses Root. Jika anda kurang paham silahkan berkomentar dibawah & Ada baiknya jika artikel ini bermanfaat Share ke saudara atau teman anda.

Related Posts:

0 Response to "Cara Uninstal Aplikasi Bawaan Tanpa Akses Root"

Post a Comment

Jika ada kurang paham atau mau memberikan tambahan ilmu tentang hal serupa segera layangkan pada kolom komentar. Karena ilmu yang kita miliki mesti kita amakan karena itu akan berbuah pahala bagi pengamal dan pemberi ilmunya.

"Barangsiapa yang menunjuki kepada kebaikan maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengerjakannya.” (HR. Muslim no. 1893).

Kode Emoticon :



Your Ads Here 970x90
Di desain dengan sepenuh oleh Marwan Abdul Anwar | Font & Ikon : SSP ▪ Fontawesome