Keutamaan Puasa Asyura' di 10 Muharram

Alhamdulillah saat ini kita memasuki tahun baru 1440 hijriyah yang bertepatan pada tanggal 1 bulan Muharram 1440 H. Pada bulan ini banyak sekali faedah-faedahnya yang semestinya kita manfaatkan untuk amal shaleh kita dan salah satunya dengan memperbanyak puasa tepat pada bulan Muharram ini ada puasa sunah yang biasa Nabi Muhammad Shalallahu ‘alayhi wasalam kerjakan salah satunya adalah puasa asyura. Lantas apa itu puasa asyura itu?


Puasa asyura itu berkaitan dengan dengan peristiwa hijrahnya Nabi mm dari mekkah dan madinah. Pada masa jahiliyah hari asyura ini sudah menjadi hari raya masyarakat arab dan dengan berpuasa.
Salah satu amal shalih yang dianjurkan Nabi SAW untuk dikerjakan pada bulan ini adalah ibadah puasa (shaum). Rasulullah SAW menganjurkan untuk memperbanyak puasa di dalamnya. Dari Abu Hurairah RA berkata, Rasulullah SAW bersabda:

‏أَفْضَلُ الصِّيَامِ بَعْدَ رَمَضَانَ شَهْرُ اللَّهِ الْمُحَرَّمُ ، وَأَفْضَلُ الصَّلَاةِ بَعْدَ الْفَرِيضَةِ صَلَاةُ اللَّيْلِ

“Puasa yang paling utama sesudah puasa Ramadhan adalah puasa pada bulan Allah (syahrullah) Muharram. Sedangkan shalat malam merupakan shalat yang paling utama sesudah shalat fardhu” (HR. Muslim, no. 1982).

Kemudian arti penting dari puasa asyura itu sendiri adalah puasa yang dilakukan untuk dapat menghapuskan dosa kita setahun yang lalu ditambah puasa asyura juga menjadi kifarat terhadapat dosa setahun yang telah kita lakukan. Karena banyaknya faedah pada puasa asyura ini maka dari itu umat muslim menunggu kehadirannya namun tak banyak juga yang belum tahu dan lupa waktunya karena kesibukan mereka.

Allah Ta'ala menjelaskan dalam Al-Qur'an, bahwa Dia telah menjadikan bulan Muharram sebagai salah satu dari empat bulan yang disucikan.

إِنَّ عِدَّةَ الشُّهُورِ عِنْدَ اللَّهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِي كِتَابِ اللَّهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالأرْضَ مِنْهَا أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ذَلِكَ الدِّينُ الْقَيِّمُ فَلا تَظْلِمُوا فِيهِنَّ أَنْفُسَكُمْ وَقَاتِلُوا الْمُشْرِكِينَ كَافَّةً كَمَا يُقَاتِلُونَكُمْ كَافَّةً وَاعْلَمُوا أَنَّ اللَّهَ مَعَ الْمُتَّقِينَ

“Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu, dan perangilah kaum musyrikin itu semuanya sebagaimana merekapun memerangi kamu semuanya, dan ketahuilah bahwasanya Allah beserta orang-orang yang bertakwa” (QS. At-Taubah: 36)

Larangan "Janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu," menunjukkan bahwa mengerjakan perbuatan maksiat pada empat bulan ini dosanya lebih besar dibandingkan maksiat pada bulan-bulan selainnya. Sebaliknya, amal kebaikan yang dikerjakan di dalamnya juga dilebihkan pahalanya.

Dan tentu ada banyak sejarah yang terjadi dibalik puasa asyura yang akan menjadi nilai tambah semangat kita melakukan puasa asyura, diantaranya ;

1. Nabi Adam ‘alayhi salam bertaubat kepada Allah Subhana wata’ala
2. Dipertemukannya Nabi Adam 'Alayhi salam dengan siti Hawa oleh Allah Subhana wata’ala
3. Nabi Idris 'Alayhi salam diangkat oleh Allah Subhana wata’ala ke langit
4. Allah Subhana wata’ala menciptkan Malaikat Jibril
5. Nabi Nuh 'Alayhi salam diselamatkan oleh Allah Subhana wata’ala
6. keluar dari perahunya sesudah bumi ditenggelamkan selama enam bulan
7. Nabi Ibrahim 'Alayhi salam diselamatkan oleh Allah Subhana wata’ala dari pembakaran Raja Namrud
8. Allah Subhana wata’ala menurunkan kitab Taurat kepada Nabi Musa as
9. Nabi Yusuf 'Alayhi salam dibebaskan dari penjara
10. Penglihatan Nabi Ya’kub 'Alayhi salam yang kabur dipulihkan oleh Allah Subhana wata’ala
11. Nabi Ayub 'Alayhi salam dipulihkan dari penyakitnya oleh Allah Subhana wata’ala
12. Nabi Yunus 'Alayhi salam selamat keluar dari perut ikan puas setelah berada di dalamnya selama 40 hari 40 malam.
13. Laut merah terbela menjadi dua untuk menyelematkan Nabi Musa 'Alayhi salam dan pengikutnya dari kejaran Tentara Fir’aun.
14. Kesalahan Nabi Daud diampuni oleh Allah Subahana wata'ala
15. Hari pertama Allah Subahana wata'ala menciptakan alam

Dan masih banyak sebenarnya hal-hal yang mesti kita tadabburi agar kita paham apa makna yang tersirat pada puasa asyura ini. Semangat untuk puasa asyura' pada tanggal 10 Muharram tahun depan. InsyaAllah mudahkan kita. Aamiin

Terima kasih anda telah membaca artikel Keutamaan Puasa Asyura' di 10 Muharram. Jika anda kurang paham silahkan berkomentar dibawah & Ada baiknya jika artikel ini bermanfaat Share ke saudara atau teman anda.

Related Posts:

0 Response to "Keutamaan Puasa Asyura' di 10 Muharram"

Post a Comment

Jika ada kurang paham atau mau memberikan tambahan ilmu tentang hal serupa segera layangkan pada kolom komentar. Karena ilmu yang kita miliki mesti kita amakan karena itu akan berbuah pahala bagi pengamal dan pemberi ilmunya.

"Barangsiapa yang menunjuki kepada kebaikan maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengerjakannya.” (HR. Muslim no. 1893).

Kode Emoticon :



Your Ads Here 970x90
Di desain dengan sepenuh oleh Marwan Abdul Anwar | Font & Ikon : SSP ▪ Fontawesome