Cara Long Capture/Screenshot Panjang Pada Android

Selamat malam, kalian pernah tidak bagaimana sih caranya agar bisa menghasilkan screenshoot yang panjang misal kalian ingin mengambil screenshoot percakapan kalian dengan di whatsapp karena saking lumayan panjang misal jadi harus digabung dan itukan bikin repot kalian nah kalian pasti kesel dan males kalo harus seperti itu. Dan kebetulan sekali saya mengalaminya ketika saya akan menghasilkan percakapan yang lumayan panjang juga di aplikasi whatsapp.

Ada beberapa cara yang bisa kalian coba untuk mendapatkan hasil capture atau kalian kenal dengan screenshoot yang biasa disingkat dengan SS. Langsung kita bahas penjelasannya 

Yang pertama kalian bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga, aplikasi itu bernama Stitch & Share : Big Screenshoot. Aplikasi ini ditujukan sepertinya hanya untuk selain web namun dalam penggunaannya lumayan sedikit rumit juga yah teman-teman. Caranya seperti ini ;

1. Kalian download terlebih dahulu aplikasi Stitch & Share : Big Screenshot di Playstore sudah ada namun saya sarankan gunakan yang premium agar terhindar dari iklan di google pun sudah banyak yah (karena dalam tutorial ini saya gunakan app yang premium)
2. Instal, kemudian buka akan akan ada hasil tampilan seperti ini. Teman-teman pilih yang automatic capturing nantinya akan ada dua tab kalian oke-kan saja dan aplikasi nantinya akan memberikan cara bagaimana menggunakannya untuk memulai screenshot kalian pilih dulu bagian mana yang akan dicapture kemudian klik ikon disamping kiri samrtphone anda seperti ikon aplikasinya 
3. Kemudian klik saja maka kalian tinggal scroll saja ke bawah mau sampai teman-teman ambil screenshot itu, jika sudah maka tunggu ¾ second maka akan ada ikon disamping kanan gambar seperti ikon save maka teman-teman akan melihat thumbnail seperti gambar dibawah.
4. Jika teman-teman akan menyimpannya teman-teman klik ikon panah melengkung akan ada opsi pilih Save to sdcard atau langsung di share
Tambahan : aplikasi ini ternyata support untuk long capture di semua aplikasi, web atau situs pun bisa sudah saya coba. Jadi saya rasa ini cukup mudah teman-teman pakai aplikasi ini untuk long capture.

Yang kedua kalian bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga juga, aplikasi itu bernama Scroll Capture for Web. Sesuai dengan namanya sepertinya ini hanya untuk mengambil capture panjang untuk web saja. Salah satunya kalian bisa coba untuk mengambil gambar artikel pada salah satu blog misalnya artikel di blog ini kemudian bisa juga untuk web lainnya. 
Hasil gambar untuk scroll capture for web

Dan cara penggunaannya cukup mudah sekali teman-teman yaitu dengan kalian masuk ke halaman web yang kalian ingin capture kemudian kalian klik saja ikon diafragma (ikon yang seperti lensa kamera atau tombol capture) biasanya ada dibawah aplikasi. Kemudian aplikasi ini akan mengambil capture secara otomatis dari atas page sampai bawah dengan adanya animasi kuas cat yang bergerak dan kalian tunggu hingga selesai maka nantinya akan otomatis tersimpan di galeri.

Yang ketiga (ini khusus untuk pengguna xiaomi) kalian tidak perlu lagi menggunakan aplikasi pihak ketiga karena xiaomi fitur screensht nya sudah support scroll. Namun untuk web screenshot pada xiaomi tidak support long capture karena sudah saya coba pas di klik gulir malah langsung ke bagian bawah web, hehe. Cara long capture pada xiaomi sangat mudah sekali misal kalian akan mengambil percakapan panjang pada whatsapp swipe 3 jari seperti biasanya. 
Kemudian kalian klik thumbnail yang melayang diatas pojok kanan

Lalu teman-teman akan melihat ada opsi gulir atau scroll dibagian bawah. Kemudian kalian tinggal scroll aja ke bawah mau sampai mana percakapan kalian diambil.

Jika sudah klik selesai maka akan secara otomatis akan tersimpan di galeri teman-teman.
Mantap bukan bisa panjang begitu screenshot nya, hehe. 
Mungkin itu aplikasi yang saya sudah coba dan saya rasa itu cukup sangat mudah dan gampang cara penggunaannya. Teman-teman bisa mencobanya di smartphone teman-teman jika teman-teman butuh screenshot hasil percakapan yang panjang. Selamat mencoba dan terima kasih.

Terima kasih anda telah membaca artikel Cara Long Capture/Screenshot Panjang Pada Android. Jika anda kurang paham silahkan berkomentar dibawah & Ada baiknya jika artikel ini bermanfaat Share ke saudara atau teman anda.

Related Posts:

0 Response to "Cara Long Capture/Screenshot Panjang Pada Android"

Post a Comment

Jika ada kurang paham atau mau memberikan tambahan ilmu tentang hal serupa segera layangkan pada kolom komentar. Karena ilmu yang kita miliki mesti kita amakan karena itu akan berbuah pahala bagi pengamal dan pemberi ilmunya.

"Barangsiapa yang menunjuki kepada kebaikan maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengerjakannya.” (HR. Muslim no. 1893).

Kode Emoticon :



Your Ads Here 970x90
Di desain dengan sepenuh oleh Marwan Abdul Anwar | Font & Ikon : SSP ▪ Fontawesome