Cara Merubah Partisi Ke F2FS Android

Oke teman-teman kali ini saya akan memberikan cara bagaimana merubah partisi android kita menjadi ke mode F2FS. Apa itu F2FS? F2FS merupakan sistem file flash yang dibuat oleh Kim Jaegeuk di Samsung untuk Linuxkernel sistem operasi. Motivasi untuk F2FS adalah untuk membangun sebuah sistem file yang dari awalmemperhitungkan karakteristik flash NAND perangkat penyimpanan berbasis memori (seperti solid-state disks, eMMC, and SD cards), yang telah banyak digunakan dalam komputer sistem mulai dari perangkat mobile ke server. Kalian bisa membaca informasi tentang F2FS disini.

Kali ini saya akan merubah partisi Redmi Note 5 Pro saya yang awalnya adalah EXT4 menjadi F2FS karena keperluan. Banyak sekali keunggulan menggunakan system partisi F2FS. Disini saya menggunakan recovery Orangefox, kalian juga bisa menggunakan PBRP juga untuk proses nya.

Sebelum kalian ke proses instalasi tentunya siapkan apa saja bahan yang akan digunakan kalian bisa dapatkan dibawah ini :

  1. Recovery : disini

Jika kalian ingin mencobanya kalian bisa caranya dengan cara dibawah ini :

  1. Masuk ke 'Recovery '
  2. Kemudian kalian pilih 'Wipe'
  3. Kemudian pilih 'advanced wipe'
  4. Dibagian ini kalian pilih cache & data saja, biarkan system tidak dirubah.
  5. Pilih 'cache' lalu klik 'Repair or change file system'
  6. Disana akan terlihat informasi mode partisi saat ini dan akan dirubah menjadi apa
  7. Dibagian ini kalian pilih 'change file system'
  8. Lalu pilih 'F2FS'
  9. Selesai. Lakukan selanjutnya untuk bagian data.
Pastikan pada saat kalian melakukan perubahan sistem partisi ini kalian sudah membackup data kalian.

Seperti itulah cara bagaimana merubah system partisi android kalian menjadi F2FS. 


 

Terima kasih anda telah membaca artikel Cara Merubah Partisi Ke F2FS Android. Jika anda kurang paham silahkan berkomentar dibawah & Ada baiknya jika artikel ini bermanfaat Share ke saudara atau teman anda.

Related Posts:

0 Response to "Cara Merubah Partisi Ke F2FS Android"

Post a Comment

Jika ada kurang paham atau mau memberikan tambahan ilmu tentang hal serupa segera layangkan pada kolom komentar. Karena ilmu yang kita miliki mesti kita amakan karena itu akan berbuah pahala bagi pengamal dan pemberi ilmunya.

"Barangsiapa yang menunjuki kepada kebaikan maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengerjakannya.” (HR. Muslim no. 1893).

Kode Emoticon :



Your Ads Here 970x90
Di desain dengan sepenuh oleh Marwan Abdul Anwar | Font & Ikon : SSP ▪ Fontawesome