Jenis Lock Screen Pada Android

Jika anda pengguna smartphone android pasti pernah merasakan berbagai lockscreen pada android kesayangan anda masing-masing yah. Nah kali ini saya akan membahas tentang jenis-jenis lock screen pada Android.

Oke kali ini saya akan bahas yang paling mudah dan yang paling biasa atau sering dipakai oleh para pengguna android kebanyakan itu adalah Swipe.

1. SWIPE TO UNLOCK
Jenis swipe ini pada awalnya dihadirkan pada smartphone legendaris yaitu Apple. mungkin diwaktu kemudian Android meminta izin atau hak penggunaan cara lock screen ini karena ini yang paling mudah sesuai dengan namanya Swipe jadi pengguna hanya menggeserkan saja dengan tangan pada layar android dimana saja maka kunci akan terbuka. Sedikit bayangannya seperti pada gambar dibawah 
Model Lockscreen Pada Samsung

Gambar terkait
Model Lockscreen Pada Kitkat

Hasil gambar untuk swipe to unlock android
Model Lockscreen Pada Sony

Terkadang beberapa brand smartphone atau jenis operasi system membuat model model swipe lockscreen yang berbeda ya mung menurut saya agar pengembang atau pengguna tidak bosan ketika membuka layar.

2. PATTERN (POLA) 
Dengan cara ini biasanya pada layar akan menampilkan 6 buah titik dimana itu anda disuruh membuat sebuah pola yang pada dasarnya hanya anda saja yang mengetahuinya agar smartphone anda tidak disalahgunakan oleh tangan-tangan jahil teman anda atau orang lain.
Sedikit cuplikannya mungkin seperti ini :

Gambar terkait

Dan biasanya input pola ini memiliki batas sampai 3x jika salah terus menerus maka akan ada pemberitahuan disuruh untuk mencobanya lagi selama 30 detik selanjutnya atau jika anda lupa ketika membuat polanya maka anda bisa mengetahuinya dengan pihak android mengirim sebuah kode kedalam gmail yang aktif di dalam android yang terkunci itu tapi jika semuanya tidak maka sudah sebaiknya android anda flash ulang saja hehehe.

3. PIN
PIN adalah metode yang paling sederhana, ketika anda ingin memakai smarphone yang di lock, anda di minta memasukan PIN berupa angka minimal 4 digit. Namun meski sederhana tapi fitur kesalahannya sama dengan Input Pola tadi jika salah sampai 3x atau lupa pin maka akan dilanjutkan ke gmail atau flash ulang juga. Sedikit penampakannya seperti ini 
Hasil gambar untuk kunci laya r dengan  pin pada android


4. PASSWORD
Model kunci layar dengan password sebenarnya sama saja sih dengan model kunci PIN namun pada model Password ini anda bisa mengkombinasikan huruf dan angka seperti anda membuat password untuk facebook, twitter dan lainnya.
Seperti ini penampakannya 
Gambar terkait


5. FINGERPRINT
Dan semakin canggihnya teknologi sekarang sudah berkembangnya sebuah kunci pola dengan Fingerprint atau istilah indonesianya adalah Sidik Jari. Pengaman layar ini lebih spesifik lagi dalam mengatur keamanan karena sudah mulai menggunakan sidik jari seseorang pemilik smartphonenya dan yang harus anda ketahui bahwa setiap sidik jari seseorang itu berbeda-beda jadi meskipun sudah diakalin dengan aplikasi saya rasa tidak bisa kecuali jika anda memflash ulang smartphone anda ketika sidik jari anda rusak hehehe.

Hasil gambar untuk kunci laya r dengan  FINGERPRINTpada android

6. VOICE
Biasanya pengaman cara ini sudah muncul pada operasi system android anda sudah Marshmallow karena disitu banyak sekali beberapa kunci yang sangat unik ketika belum ada fingerprint. Voice ini jadi anda membuka sebuah layar dengan suara anda saya belum pernah mencoba tapi saya rasa ini mendeteksi suara saja atau teks saja. Jika anda ingin mencobanya silahkan tapi ingat resiko ditanggung penumpang yah hehehe.
Hasil gambar untuk kunci laya r dengan  FINGERPRINTpada android

7. GESTURE TUBUH
Cara ini lumayan sangat menyulitkan bagi pemilik karena cara ini akan merekam gerak tubuh anda untuk bisa membuka sebuah layar smartphone anda. Sepertinya cara ini lebih ekstrem lagi dari yang Voice tadi hehehe.

8. SENSOR MATA
Cara ini biasanya hanya digunakan pada smartphone Microsoft saja seperti Lumia karena cara ini sangat sensitif sekali dimana mata anda harus sehat terus dan harus dalam keadaan terang jika dalam keadaan gelap sensor smartphone tidak akan bisa mendeteksi mata anda.

Jadi kesimpulan saya dalam jenis lock screen pada android ini. Gunakanlah keamanan yang sekiranya tidak mempersulit anda lalu memudahkan tidak butuh waktu lama karena bisa jadi anda membutuhkan fitur dalam smartphone anda dalam keadaan genting sedangkan smartphone anda mendeteksi keamanannya lama. itu kan tidak bisa dikatakan smartphone dong. Jadi berpikir pintar yah dalam bertindak.

Mungkin cukup dari saya pembahasan tentang Jenis Lock Screen Pada Android. Jika ada yang terbaru saya akan upadte artikel ini kembali.

Terima kasih anda telah membaca artikel Jenis Lock Screen Pada Android. Jika anda kurang paham silahkan berkomentar dibawah & Ada baiknya jika artikel ini bermanfaat Share ke saudara atau teman anda.

Related Posts:

2 Responses to "Jenis Lock Screen Pada Android"

Jika ada kurang paham atau mau memberikan tambahan ilmu tentang hal serupa segera layangkan pada kolom komentar. Karena ilmu yang kita miliki mesti kita amakan karena itu akan berbuah pahala bagi pengamal dan pemberi ilmunya.

"Barangsiapa yang menunjuki kepada kebaikan maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengerjakannya.” (HR. Muslim no. 1893).

Kode Emoticon :



Your Ads Here 970x90
Di desain dengan sepenuh oleh Marwan Abdul Anwar | Font & Ikon : SSP ▪ Fontawesome