Huruf Hijaiyah : Alif

Assalamu 'alaykum Warahmatullahi Wabarakatuh
Bismillahi rahmani rahim,

إِنّ الْحَمْدَ ِللهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ وَنَعُوْذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا و مِنْ َسَيّئَاتِ أَعْمَالِنَا مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلاَ مُضِلّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ
Innal hamdalillahi nahmaduhu wanasta'inuhu wanastaghfiruhu wana'udubillahi min syururi anfusinaa wamin sayyiati a'maalinaa, man yahdihillaahu falaa mudhillalah, wamayyudhlil falaa haadiyalah, asyhadu allaa illaa ha illallahu wa asyhadu anna muhammadan 'abduhu wa rosuuluh.

Segala puji bagi Allah, hanya kepadaNya kita memuji, memohon pertolongan, dan memohon ampunan.
Kita berlindung kepada Allah dari kejahatan diri kita dan buruknya amalan kita.
Barang siapa yang diberi petunjuk oleh Allah, maka tidak ada yang dapat menyesatkannya dan barang siapa yang disesatkan oleh Allah, maka tidak ada yang dapat menunjukinya.
Aku bersaksi bahwa tidak ada Illah yang berhak di ibadahi kecuali Allah semata, tidak ada sekutu bagiNya. Dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan Rasul-Nya.


Alhamdulillah, kali ini saya akan berbagi ilmu tentang huruf hijaiyah dari Alif sampai dengan Ya. Disini saya akan bahas pengucapannya, masuk kedalam huruf apa, dan beberapa informasi yang berkaitan dengan salah satu huruf hijaiyah tersebut.

Pertama kali kita akan membahas tentang huruf Alif.
Pada dasarnya huruf Alif terbentuk dari Ulfah (kedekatan) dan ta’lif ( pembentukan). Dengan huruf inilah ALLAH menta’lif (menyatukan) seluruh ciptaanNya dalam landasan tauhid dan ma’rifah dengan kecintaan penghayatan iman dan tauhid.

Sehingga Alif ini membuka makna dan pengertian tertentu dengan banyak bentuk rupa dan warna yang ada pada huruf-huruf yang lain.  Maka jadilah Alif sebagai “Kiswah” (pakaian) bagi huruf lainnya. Itu semua karna kehendak si “Alif ghaib”. 
Huruf saja tidaklah memiliki makna, sebab pengertian tidak terdapat padanya.

Makna dalam dari Alif ibarat nyawa, sedangkan bentuk huruf adalah ibarat raga. Ibarat pohon yang di belah sampai ke akar, dari akar di belah sampai ke biji asalnya. Lalu dari biji asalnya di belah sehingga tiada sesuatu apapun.  itulah hakikat kehidupan. 
Allah menjadikannya berupa (memiliki bentuk), padahal tiada. 
Huruf berupa lisan ketika diucapkan, sedangkan makna adalah pengetahuan yang diketahui sebelum lisan berucap dan berbuat.

Alif dibaca ya alif, jika tidak ditambahkan dengan patah, kasroh atau dhomah dan yang lainnya. Jadi bisa dibedakan kan. Begini Jika alif yang berada diawal kalimat maka tentu dia bisa dibaca a, i, u sedangkan jika dia berada ditengah dia bisa menjadi mad thobi'i atau bisa hilang tanpa dibaca karena dia sebagai penyambung saja.

Pertemuan selanjutnya kita akan bahas huruf Ba.

Terima kasih anda telah membaca artikel Huruf Hijaiyah : Alif. Jika anda kurang paham silahkan berkomentar dibawah & Ada baiknya jika artikel ini bermanfaat Share ke saudara atau teman anda.

Related Posts:

1 Response to "Huruf Hijaiyah : Alif"

  1. Assalamualaikum. Sy ingin mengajarkan orangtua saya membaca Qur'an. Namun sy menemukan huruf satuan ini hanya sampai Tsa. Apa bs sy dikirim email lengkap dari huruf Alif sampai Ya. Jazakallahu Khairan. Wassalamu'alaikum

    ReplyDelete

Jika ada kurang paham atau mau memberikan tambahan ilmu tentang hal serupa segera layangkan pada kolom komentar. Karena ilmu yang kita miliki mesti kita amakan karena itu akan berbuah pahala bagi pengamal dan pemberi ilmunya.

"Barangsiapa yang menunjuki kepada kebaikan maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengerjakannya.” (HR. Muslim no. 1893).

Kode Emoticon :



Your Ads Here 970x90
Di desain dengan sepenuh oleh Marwan Abdul Anwar | Font & Ikon : SSP ▪ Fontawesome