Pengertian Mad Arid Lisukun

Assalamu 'alaikum Warhmatulllahi Wabarakatuh.

Inalhamdalillah, Segala Puji Bagi Allah yang masih menetapkan iman dan islam dari hati kita sehingga kita mampu merasakan nikmatNya dan begitu banyaknya rezeki yang diberi-Nya. Shalawat serta salam semoga selalu tercurah limpahkan kepada Kekasih, Baginda Nabi Muhammad Shalallahu 'alaihi wa salam yang menunjukan dari jalan yang begitu gelap dan penuh dengan kefasikan menuju ke jalan yang penuh dengan ilmu pengetahuan ini. 


Mad ‘Aridl Lis Sukun adalah jika ada bacaan mad thabi’i bertemu dengan huruf hijaiyah hidup yang dibaca mati/tanda waqaf. Panjang bacaanya yaitu : 1 alif (2 harakat) atau 2 alif (4 harakat) atau 3 alif (6 harakat).

Contoh :
بِسۡمِ ٱللَّهِ ٱلرَّحۡمَٰنِ ٱلرَّحِيمِ
(QS. 1:1)

Maka pembacaannya harus seperti yang diharuskan 2,4,6 Harakat. Namun jika disambung maka tidak berlaku lah hukum mad arid lisukun ini.

• Jadi harus diingat! Mad Arid Lisukun itu tidak selalu ada di akhir ayat ya! Bisa jadi ada di tengah ayat atau akhir ayat juga.
Seperti contoh di tengah ayat :
ٱلَّذِي كَانُواْ يَعۡمَلُونَ ٧ وَوَصَّيۡنَا ٱلۡإِنسَٰنَ 

Misal kita kita tidak kuat nafas pada bacaan yang ditandai merah maka disitu berlaku hukum mad arid lisukun itu sendiri. Namun jika masih kuat nafas maka tetap 2 harakat tidak berlaku hukum mad arid itu sendiri.

Semoga bermanfaat dan Allah mudahkan urusan kita dalam mempelajari Al Quran. Aamiin
Selamat praktekan dirumah anda, dan amalkan, share jika ini bermanfaat.

Wallahu alam bhisawab.

*Kami menggunakan riwayat bacaan Hafsh’An Ashiim Sayyitibiah. Dan mad jaiz nya menggunakan 6H.

Terima kasih anda telah membaca artikel Pengertian Mad Arid Lisukun. Jika anda kurang paham silahkan berkomentar dibawah & Ada baiknya jika artikel ini bermanfaat Share ke saudara atau teman anda.

Related Posts:

6 Responses to "Pengertian Mad Arid Lisukun"

  1. Syukron akhi artikelnya :-bd

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul gan, sy jg baru tau hehe

      Delete
  2. Terima kasih ilmunnya. Silakan mampir juga di blog saya! HaHuwa (Semua Tentang Tajwid)

    ReplyDelete
  3. وَوَصَّيۡنَا afwan min, ini namanya mad liyn, sebab huruf "ya"sukun di awali dgn huruf yg berharokat fathah, jika di awali dgn huruf yg berharokat kasrah maka disebut dgn mad 'arid. tidak terjadi perbedaan dalam me waqofkan antara mad liyn dan mad 'arid, namun ketika me washolkannya akan terjadi perbedaan, maka dari itu mad 'arid dan mad liyn adalah dua hukum yg berbeda. Syukran

    ReplyDelete

Jika ada kurang paham atau mau memberikan tambahan ilmu tentang hal serupa segera layangkan pada kolom komentar. Karena ilmu yang kita miliki mesti kita amakan karena itu akan berbuah pahala bagi pengamal dan pemberi ilmunya.

"Barangsiapa yang menunjuki kepada kebaikan maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengerjakannya.” (HR. Muslim no. 1893).

Kode Emoticon :



Your Ads Here 970x90
Di desain dengan sepenuh oleh Marwan Abdul Anwar | Font & Ikon : SSP ▪ Fontawesome