Pengertian Mad Shilah Qoshirah

Assalamu 'alaikum Warhmatulllahi Wabarakatuh.

Inalhamdalillah, Segala Puji Bagi Allah yang masih menetapkan iman dan islam dari hati saya sehingga saya mampu merasakan nikmatNya dan begitu banyaknya rezeki yang diberi-Nya. Shalawat serta salam semoga selalu tercurah limpahkan kepada Kekasih, Baginda Nabi Muhammad Shalallahu 'alaihi wa salam yang menunjukan dari jalan yang begitu gelap dan penuh dengan kefasikan menuju ke jalan yang penuh dengan ilmu pengetahuan ini. 

Kali ini kami akan membahas tentang mad shilah qashirah, dan mad yang satu termasuk kedalam mad far’i dimana masih termasuk kedalam mad cabang. Langsung saja kita masuk kepambahasan. 


Mad Shilah Qashirah apabila huruf Ha Dhamir (للَّه ) jika bertemu dengan huruf hijaiyah yang berharakat di depannya maka hukum bacaannya harus panjang 2 harakat.
Contoh :
وَمَن يُهِنِ ٱللَّهُ فَمَا لَهُ مِن مُّكۡرِمٍۚ
(QS. 22:18)

• Dimushaf kita sering melihat huruf dhomah yang terbalik maka disitu hukumnya  2 harakat dan jika di sukunkan maka Ha tersebut jadi tidak 2 harakat lagi melainkan menjadi 1 harkat.

Semoga bermanfaat dan Allah mudahkan urusan kita dalam mempelajari Al Quran. Aamiin 
Selamat praktekan dirumah anda, dan amalkan, share jika ini bermanfaat.

Wallahu alam bhisawab.

*Kami menggunakan riwayat bacaan Hafsh’An Ashiim Sayyitibiah. Dan mad jaiz nya menggunakan 6H.

Terima kasih anda telah membaca artikel Pengertian Mad Shilah Qoshirah. Jika anda kurang paham silahkan berkomentar dibawah & Ada baiknya jika artikel ini bermanfaat Share ke saudara atau teman anda.

Related Posts:

2 Responses to "Pengertian Mad Shilah Qoshirah"

Jika ada kurang paham atau mau memberikan tambahan ilmu tentang hal serupa segera layangkan pada kolom komentar. Karena ilmu yang kita miliki mesti kita amakan karena itu akan berbuah pahala bagi pengamal dan pemberi ilmunya.

"Barangsiapa yang menunjuki kepada kebaikan maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengerjakannya.” (HR. Muslim no. 1893).

Kode Emoticon :



Your Ads Here 970x90
Di desain dengan sepenuh oleh Marwan Abdul Anwar | Font & Ikon : SSP ▪ Fontawesome